3 ALASAN KENAPA KAMU HARUS JADI PEMUDA YANG SENANTIASA BERKARYA

1

“Beri aku 1000 orang tua, niscaya akan kucabut Semeru dari akarnya. Beri aku 10 pemuda, niscaya akam kuguncangkan dunia.” (Ir. Soekarno)

Orang Indonesia pasti kenal sekali dengan pernyataan ini yang disampaikan oleh Ir. Soekarno, presiden pertama Republik Indonesia. Kata-kata ini selalu hadir ketika membicarakan peran pemuda dalam memberikan angin perubahan dalam kehidupan.

Kalimat ini salah satunya mengandung arti, bahwa pemuda mempunyai kemampuan untuk merubah dunia. Membawa dampak yang besar bagi tatanan kehidupan manusia. Entah itu baik atau buruk.

Memang sebaiknya sebagai pemuda, kamu seharusnya banyak memberikan kontribusi melalui ide pemikiran atau gerakan yang akan membawa perubahan yang baik bagi keluarga, orang sekitar, bahkan bangsa dan negara.

Tidak sedikit pemuda Indonesia unjuk gigi, memperlihatkan prestasi baik di tingkat nasional atau pun dunia. Namun begitu, banyak pula pemuda pemudi yang terjebak hal-hal negatif, sehingga mematikan potensi yang dimiliki.

Tanggal 12 Agustus yang baru saja berlalu ternyata diperingati sebagai Hari Pemuda Internasional. Sungguh kebetulan yang luar biasa jika beberapa hari kemudian perayaan kemerdekaan Republik Indonesia , 17 Agutus, dirayakan.

Untuk memperingati kedua momentum bersejarah tersebut, kamu perlu mengingat kembali kenapa sebagai pemuda harus banyak berkarya.

Kenapa Kamu Harus Jadi Pemuda yang Berkarya

Ada beberapa alasan yang perlu kamu tahu, yaitu antara lain:

1.Bermanfaat Bagi Orang Lain

“Sebaik-baiknya seorang manusia adalah manusia yang paling bermanfaat bagi orang lain.” Demikian Hadis yang dikemukakan oleh Nabi Muhammad SAW.

Kalimat tersebut sama sekali tidak salah. Bahkan, menggambarkan peran seseorang dalam memberikan manfaat untuk manusia yang lain.

Tidak ada bedanya dengan pemuda atau pemudi yang mampu menyumbangkan ide, menciptakan barang, memberikan jasa yang ternyata punya banyak manfaat kepada orang lain.

Kamu bisa melihat pendiri website Ruang Guru, Adamas Belva Syah Devara dan Muhammad Iman Usman.

Pemikiran dan ide yang mereka tuangkan dalam Ruang Guru terbukti dapat menaikkan prestasi anak sekolah sampai ke level yang tidak bisa diraih oleh pelatihan formal melalui tatap muka.

Tidak sedikit dari murid yang bergabung di platform ini lolos di perguruan tinggi favorit atau nilainya terdongkrak naik.

2.Membawa Angin Perubahan

Seorang pemuda yang mampu menyumbangkan kemampuan yang dimilikinya, ternyata dapat membawa angin perubahan bagi orang yang ada di sekitarnya.

Contohnya saja dengan Menteri Pendidikan Republik Indonesia sekarang, Nadiem Makarim, yang berhasil membuat inovasi dengan mendirikan GoJek.

Sepak terjangnya ternyata mampu merubah pandangan masyarakat yang awalnya memandang ojek hanya sebagai transportasi kelas dua. Sekarang GoJek berubah menjadi perusahaan raksasa yang bukan hanya bergerak di bidang transportasi saja, namun sudah merambat ke bidang lain. Hebatnya lagi GoJek mampu memberikan lapangan pekerjaan bagi ratusan ribu orang yang bernaung di bawah perusahannya.

3.Membanggakan Keluarga, Bahkan Bangsa dan Negara

Jika berbicara tentang rasa bangga, memang relatif bagi setiap orang. Tidak sama. Namun, sebagai orang Indonesia siapa yang tidak bangga melihat artis dan aktor Indonesia diakui di panggung hiburan internasional. Di antara mereka ada Iko Uwais dan Joe Taslim.

Di jajaran penyanyi yang usianya lebih muda, ada Agnes Monica dan Maudy Ayunda. Bukan cuma bersuara indah, keduanya punya otak cerdas. Terbukti dengan lolosnya mereka di universitas bergengsi di Ameriksa Serikat. Agnes Monica di Columbia Univeristy. Sedangkan, Maudy lebih keren lagi karena berhasil lolos di empat perguruan tinggi ternama dunia. Oxford, Harvad, Stanford, dan NYU.

 

Sungguh pemuda pemudi yang sangat berprestasi, ya. Yang perlu kamu teladani dari cerita di atas adalah semangat mereka untuk berkarya.

Nah, kamu bisa saja mengikuti langkah mereka dengan caramu sendiri. Bisa dimulai dengan melakukan hal-hal kecil yang membawa dampak baik bagi orang lain di sekitar. Jangan lupa mulailah dari sekarang! Selamat berkarya.

Images: Koleksi pribadi, edit by Canva

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here