Hati-hati! Demam Berdarah Bisa Bikin Tubuh ‘Memerah’ (1)

1

Demam berdarah atau DBD adalah penyakit yang membuat penderitanya mengalami rasa nyeri yang luar biasa, seolah-olah terasa sakit hingga ke tulang.

DBD disebabkan oleh virus yang ditularkan melalui gigitan nyamuk. Diperkirakan bahwa ada seratus juta kasus demam berdarah yang terjadi pada tiap tahunnya di seluruh dunia. Sebagian diantaranya mewabah secara tiba-tiba dan menjangkiti ribuan orang dalam waktu singkat.

 

Penderita Penyakit DBD di Indonesia

Saat ini Indonesia menduduki peringkat kedua penderita DBD setelah Brazil. Bahkan, menurut data Kementrian Kesehatan tahun 2009-2011 jumlah kematian akibat DBD di Indonesia mencapai 1.125 kasus. Data tersebut sekaligus menempatkan Indonesia di Asia Tenggara sebagai negara tertinggi dalam kasus penyakit DBD.

Sedangkan, menurut data Kementrian Kesehatan Indonesia tahun 2013, jumlah penderita DBD di seluruh 31 provinsi mencapai 48.905 orang, termasuk 376 orang diantaranya meninggal dunia. Jadi, pada dasarnya DBD adalah penyakit yang sangat umum di Indonesia.

 

Gejala Penyakit DBD

Gejala demam berdarah umumnya akan terlihat pada tiga hingga empat belas hari setelah masa inkubasi dan biasanya diawali dengan demam tinggi yang bisa mencapai suhu 41 derajat celcius. Masa inkubasi adalah jarak waktu antara virus pertama masuk ke dalam tubuh sampai gejala pertama muncul.

Jika mengalami gejala seperti flu dan demam selama lebih dari satu minggu, sebaiknya periksakan diri ke dokter. Ciri-ciri spesifik dari gejala DBD, yaitu demam tinggi hingga mencapai 41 derajat celcius, sakit kepala, nyeri sendi, nyeri otot dan nyeri tulang, hingga rasa sakit di belakang mata.

Gejala khas dari demam berdarah bisa membuat tubuh penderita ‘memerah’. Yaitu timbulnya bintik-bintik merah seperti ruam yang muncul di kulit penderita. Seperti pada telapak tangan, lengan atau kaki. Jika ditekan ruam-ruam tersebut tidak akan hilang.

Gejala yang lebih berat adalah apabila pasien mulai mengeluarkan cairan dari dalam hidung atau mimisan.

 

Penyebab Utama Penyakit DBD

Penyebab DBD adalah virus dengue dan menyebar ke manusia melalui gigitan nyamuk Aedes Aegypti. Artinya DBD tidak menular langsung dari seseorang ke orang lain tanpa perantara nyamuk tersebut. Nyamuk Aedes Aegypti biasanya berkembang biak di daerah berpenduduk tinggi (seperti di kota-kota besar) yang memiliki iklim lembab dan hangat.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here