Lautku Sayang, Lautku Malang (3)

0

Peningkatan permukaan air laut

Pemanasan global telah menyebabkan meningkatknya temperatur rata-rata permukaan bumi. Pemanasan global adalah suatu proses meningkatnya temperatur rata-rata atmosfer, laut, dan daratan yang disebabkan oleh meningkatnya konsentrasi gas-gas rumah kaca akibat aktifitas manusia.

Karena peningkatan temperatur atmosfer, bumi, dan air laut, maka mengakibatkan mencairnya es dan gletser di kutub. Sehingga menyebabkan kenaikan permukaan air laut. Kondisi ini akan menyebabkan kawasan pesisir, pulau-pulau kecil dan dataran rendah akan tenggelam dan berubah fungsi.

 

Untuk melindungi kesehatan lautan kita, sangatlah penting bagi kita untuk mengetahui keadaan lautan saat ini dan memahami dampak aktivitas manusia dan perubahan iklim terhadap lautan tersebut. Meskipun lautan terlihat tidak ada akhirnya, kapasitas mereka untuk bertahan dari aktivitas manusia sangatlah terbatas, khususnya karena mereka juga menghadapi ancaman yang muncul oleh perubahan iklim. Aksi segera pada skala global dibutuhkan untuk mengurangi beban yang dihadapi lautan dunia dan untuk melindunginya dari ancaman yang akan datang yang mungkin bisa merusak melebihi batas daya tampung yang mereka miliki.

Ada hal-hal yang sederhana yang bisa kita lakukan untuk membantu menjaga lautan agar tetap sehat :

  1. Gunakan kembali, sumbangkan, atau daur ulang barang-barang yang sudah tidak terpakai, daripada membuangnya ke TPA
  2. Jaga selalu kebersihan pantai ketika mengunjunginya. Berpartisipasilah dalam kegiatan pembersihan pantai di dekat tempat tinggal. Jika tidak ada kegiatan semacam itu, kenapa tidak coba menginisiasinya bersama teman-teman?
  3. Daripada menggunakan kantong plastik, gunakan tote bag yang bisa dipakai berkali-kali saat berbelanja. Bahkan, kita bisa membuat tote bag hasil daur ulang, dari kaos yang sudah tidak dipakai misalnya
  4. Informasikan minimal dua fakta mengapa lautan sangat penting bagi kehidupan kita kepada sebanyak mungkin teman dan ajak mereka untuk melakukan hal-hal sederhana untuk menjaga laut.

 

Peringatan Hari Laut Sedunia menjadi cerminan kita untuk mawas diri. Untuk menjaga dan melestarikan laut. Bukan hanya untuk diri sendiri,  tapi juga untuk generasi kita yang akan datang.

Lakukan dari hal yang paling kecil. Seperti tidak membuang sampah plastik sembarangan di sungai atau mendaur ulang sampah plastik tersebut. Jika dilakukan terus menerus sambil mengajak orang lain, niscaya bisa membawa perubahan yang sedikit berarti.

 

Sumber :

www.kompasiana.com

nationalgeographic.co.id

unic-jakarta.org

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here