Pantai Losari Ada Juga di Sulawesi Utara, loh

29
Salah satu sudut pantai Losari

Benar! Pantai Losari bukan cuma ada di Sulawesi Selatan saja. Di Sulawesi Utara terdapat pantai yang bernama sama dengan lokasi terkenal yang menjadi landmark wisata Makassar itu. Tepatnya di Desa Lolak Kabupaten Bolaang Mongondow.

Meski bernama sama, tidak berarti kedua tempat ini serupa. Menurut pengamatan saya pribadi ada perbedaan mencolok antara keduanya. Di antaranya fasilitas, kondisi secara umum, akses, dan tentu saja lokasi.

Jika di Makassar, Pantai Losari tepat berada di pinggir jalan utama kota. Aksesnya sangat mudah dijangkau, baik menggunakan kendaraan atau berjalan kaki. Saya sendiri berkunjung ke pantai ini dengan berjalan kaki dari hotel yang terletak tidak jauh dari pantai.

Di tempat ini menyediakan fasilitas ruang terbuka publik yang nyaman. Banyak tempat duduk yang disediakan, spot berfoto yang kece, dan penjual makanan khas Makassar untuk mengisi perut yang keroncongan. Belum lagi masjid terapung Amirul Mukminin menambah daya tarik bagi pantai ini. Beberapa acara akbar juga sering dilaksanakan di Pantai Losari Makassar.

Pantai Losari (Lolak Sarana Rekreasi)

Berbanding terbalik dengan Pantai Losari di Lolak. Lokasinya jauh menembus pemukiman penduduk. Jalanan diaspal kasar, malah saat sudah memasuki area pantai hanya ada pasir dimana-mana. Sebagai objek wisata yang belum lama dibuka, tempat ini memang belum banyak terjamah tangan pemerintah. Fasilitasnya masih terbatas. Memang sudah ada pondok-pondok, ruang pertemuan, wahana bermain anak dan kafe kecil di Pantai Losari Lolak, hanya saja akomodasi dan desain interior-nya masih perlu ditingkatkan. Begitu juga menu yang disediakan kurang variatif.

Meski begitu, Pantai Losari Lolak menawarkan pesona tersendiri. Losari sendiri merupakan kepanjangan dari Lolak Sarana Rekreasi. Mungkin sengaja dipakai nama itu untuk menarik perhatian pengunjung.

Lokasi ini memanjang sekitar lima kilometer. Sehingga saya bisa puas berjalan menikmati pasir pantai yang berwarna cokelat. Sewaktu saya datang, banyak wisatawan lokal terutama anak-anak yang bermain bola atau berkejaran. Tidak seperti Pantai Losari Makassar, di Pantai Losari Lolak pengunjung bisa puas mandi dan bermain air laut.

Pulau kecil di depan pantai

Ada pulau kecil yang bisa dilihat jelas dari bibir pantai dan jika beruntung kita bisa menikmati sunset yang sangat indah disini

29 COMMENTS

  1. Aku juga dari losari, tapi losari brebes, jawa tengah heehe. Btw, pantainya menarik ya..semoga pemda segera membenahi agar makin cantik sehingga pengunjung makin bertambah

  2. Rupanya Losari ada di mana-mana ya. Di Jawa ada, di Sulsel dan Sulut pun nggak ketinggalan. Dulu saya sempat kerja di Losari Coffe Plantation di daerah Ambarawa. Tapi cottage perkebunan, bukan pantai. Semoga ke depannya segera mendapat perhatian dr pemerintah.

  3. Ada di sulut ya ternyata. Sisi baiknya Enak juga ya mbak masih asri kalau belum terjamah. Semoga segera ada perhatian pemerintah sih ya tapi, biar infrastrukturnya bsia segera diperbaiki dan dilengkapi

  4. Waahhh serupa tapi tak sama. Nama boleh sama tapi ternyata beda tempat. Losari Makassar dan Losari Brebes aku dah pernah mengunjungi. Kalau Losari Sulut belum hehe…keren ya pantainya meski fasilitas masih belum lengkap. Tapi seiring waktu biasanya nanri juga berkembang..
    😊

  5. Wah, kreatif iniiii. Nama Losari emang udah kuat banget imagenya ya, jadi pasti bisa menarik pengunjung untuk datang. Ah, coba kalau deket, aku pasti udah ke sana mbak. Haha

  6. Ternyata namanya saja yang sama, lokasinya berbeda ya.
    Mbak, kalau boleh kasih saran. itu foto yang pertama, yang gambar salah satu sudut pantai Losari, sebaiknya dipasang dengan ukuran besar. Supaya terlihat menarik. Soalnya pemandangannya indah sekali…

Leave a Reply to Nyknote Cancel reply

Please enter your comment!
Please enter your name here