Sepanjang Masa

0

“Kasih sayang anak sepanjang galah. Kasih sayang orang tua sepanjang masa.”

 

Alkisah di tepi sebuah danau terlihat seorang ibu paruh baya yang sedang duduk di kursi roda. Di belakangnya berdiri seorang pemuda yang tidak lain adalah anaknya sendiri. Mereka terlibat sebuah pembicaraan.

“Nak, burung apa yang ada di atas danau itu?” tanya si Ibu.

“Itu burung bangau, Bu.” jawab anaknya dengan lembut.

“Nak, burung apa yang ada di atas danau itu?” ibu bertanya lagi.

“Itu burung bangau, Bu.” Anaknya kembali menjawab.

“Nak, burung apa yang ada di atas danau itu?” tanya si Ibu ketiga kalinya.

“Itu burung bangau, Bu.” jawab pemuda itu sedikit jengkel.

“Nak, burung apa yang ada di atas danau itu?” tanya ibu itu lagi.

“Sudah kubilang dari tadi, itu burung bangau!” begitu ketusnya jawaban sang anak sampai membuat ibunya menangis.

“Dulu, ketika kau masih kecil. Kau menanyakan hal yang sama kepada ibu sampai tiga puluh dua kali dan tak sekalipun ibu menjawabmu dengan cara membentak seperti apa yang kau lakukan kepada ibu saat ini.” kata ibu itu di sela isak tangisnya.

Pemuda itu hanya bisa terdiam dan menunduk. Sangat menyesal karena telah membentak ibunya.

***

Kisah di atas menjadi pelajaran bagi kita. Bagaimana kita berlaku sebagai seorang anak. Pada waktu kecil kita dibesarkan dengan tulus oleh orang tua. Sedapat mungkin mereka memberikan kebahagian untuk kita. Walaupun seringkali mereka harus membanting tulang, mengorbankan waktu, tenaga serta mengerahkan segala daya upaya untuk bisa melakukan semua itu. Adalah kewajiban seorang anak untuk mengasihi dan merawat orang tua apalagi ketika mereka telah mencapai usia senja.

Bahkan dalam Al-Quran telah disebutkan bahwa berdosalah seorang anak yang mengatakan “Ah” kepada orang tuanya. Apalagi jika kita membentak kemudian menelantarkan mereka. Naudzubillah

Semoga kita semua bisa menjadi  anak yang berbakti dan bisa membalas cinta serta kebaikan orang tua kita dengan tulus. Setulus cinta yang diberikan mereka untuk kita.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here