Sungaiku Jernih, Sungaiku Bersih. Jangan Kotori dengan Sampah

0

Ternyata, semangat WCD (21 September) masih terasa. Pada Sabtu, 28  September 2019 kemarin, Komunitas Slabor berinisiatif membuat acara bersih-bersih Sungai Mongkonai Barat. Kegiatan ini diberi tajuk ‘Sungaiku Jernih, Sungaiku Bersih. Jangan Kotori dengan Sampah’.

Banner Kegiatan

Slabor Clean Trash Our River ini bekerja sama dengan  instansi pemerintah,  perusahaan swasta, Pasukan Oranye,  dan beberapa komunitas. Ada penampilan juga dari teman-teman Sun Band. Tentu saja WCD Kotamobagu ikut ambil bagian di  dalamnya.

Sebelum memulai kegiatan bersih-bersih,  relawan berkumpul sekitar pukul 06.00 WITA tepat di pinggir jalan raya yang bersebelahan dengan bantaran Sungai Mongkonai Barat. Pemerintah Kota Kotamobagu sebagai salah satu sponsor, menyediakan truk sampah, masker, sarung tangan plastik, dan karung. Tidak lupa perahu karet untuk memudahkan mereka-mereka yang akan membersihkan isi sungai. Sementara relawan dari komunitas lain membawa peralatan seperti sapu.

Acara ini dibuka oleh Kepala Dinas  Tata Kota Kotamobagu yang diwakili oleh Sekretaris Dinas Tata Kota Kotamobagu. Sembari memberikan sambutan dan arahan, Pak Sekretaris tidak lupa memberikan semangat pada Pasukan Oranye dan relawan.

Pembukaan kegiatan oleh Sekretaris Dinas Tata Kota
Semua semangat untuk menyelesaikan pekerjaan
Doa dulu sebelum beraksi

Setelah aba-aba, kami semua langsung bergerak ke sudut-sudut yang terpantau dipenuhi sampah. Baik di pinggir jalan raya, bantaran kali, atau dalam sungai itu sendiri. Tidak ada yang hanya menonton. Bahkan, saya yang tidak dilengkapi dengan ‘senjata’ pun ikut turun tangan.

Membersihkan pinggiran jalan
Petugas Kebersihan ikut membantu
Truk sampah bersiaga

Beberapa kawan-kawan dari WCD Kotamobagu ada yang tidak segan ikut ‘nyemplung’. Leader WCD Kotamobagu, Harry Pasambuna, menjadi salah satu orang yang pertama ‘berenang’ ke dalam kali.

Kegiatan ini dijadwalkan sampai siang hari. Sayangnya, saya tidak memantau sampai acara selesai, karena harus menyelesaikan tanggung jawab sebagai ASN yang mengabdi di puskesmas.

Namun, setidaknya beberapa momen seru dan sayang dilewatkan berhasil saya abadikan. Cekidooott!!!

Saya berfoto di depan banner kegiatan
Para Relawan
Ibu-ibu pecinta kebersihan

Teman-teman Sun Band
Membersihkan bantaran sungai

Leader WCD siap-siap ‘nyemplung’
Salah satu relawan dari WCD membantu petugas kebersihan
Para relawan mulai membersihkan isi sungai menggunakan perahu karet

Sumber foto : Dokumen pribadi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here